Ratu999 adalah Situs Judi Online yang berafiliasi dengan Ratusbo dan TSTMM.com terpercaya di Indonesia
Home > Berita Bola > 1996: Newcastle United Sukses Boyong striker Alan Shearer

1996: Newcastle United Sukses Boyong striker Alan Shearer

Inggris – Newcastle United pernah memiliki striker hebat dalam diri Alan Shearer. Meski memulai karier bukan dari klub junior Newcastle, takdir seakan sudah mengatur Shearer merapat ke Newcastle. Situasi itu terjadi tepat pada hari ini, 30 Juli 21 tahun silam.

Manajemen The Toon Army memutuskan untuk memboyong Shearer dari Blackburn Rovers dengan banderol sebesar 15 juta poundsterling dan memecahkan rekor dunia ketika itu.

Sebelum merapat ke Newcastle, Shearer sempat digosipkan akan bergabung dengan Manchester United. Namun, manajer Newcastle Kevin Keegan berhasil membujuk Shearer. Alhasil, Shearer sepakat membela Newcastle yang juga klub asal tanah kelahirannya.

Langkah Newcastle untuk membeli Shearer boleh dibilang mulus. Padahal, Shearer merupakan striker subur dan turut andil dalam memberikan gelar Liga Primer Inggris kepada Blackburn pada musim 1994–1995. Ia menorehkan lebih dari 30 gol dalam tiga tahun terakhir bersama Blackburn.

Kiprah Shearer di St James Park awalnya berjalan lancar. Ia mampu menjadi peraih sepatu emas pada musim 1996–1997 dengan 25 gol. Akan tetapi, semuanya berubah sejak Shearer mengalami cedera. Imbasnya, performa Shearer merosot tajam dan memutuskan untuk pensiun pada 2006.

Bersama Newcastle, prestasi terbaik yang ia torehkan ialah menjadi runner up Liga Primer dan finalis Piala FA pada 1998 dan 1999.

Namun, jika berbicara prestasi individu, sederet penghargaan berhasil diraih oleh pemain kelahiran 13 Agustus 1970 itu. Ia juga sempat memperkuat timnas Inggris. Tetapi, ia belum mampu memberikan prestasi menawan kepada skuat Tiga Singa.

Selepas mundur dari dunia sepak bola sebagai pemain, ia sempat mencicipi kursi pelatih Newcastle menggantikan Chris Hughton dalam delapan laga terakhir. Alih-alih ingin menyelamatkan klub dari degradasi, Shearer gagal menjalankan tugasnya. Ia pun mundur sebagai pelatih setelah musim berakhir.

Meski begitu, namanya akan selalu dikenang sebagai salah satu legenda terbesar Newcastle sampai saat ini. Ia kini bekerja sebagai komentator televisi.

Leave a Reply